Di post-post sebelumnya, kami telah membahas bagaimana Anda bisa mendaftar dan melakukan verifikasi identitas hingga deposit di Indodax. Di post ini, kami akan membimbing Anda melakukan transaksi pembelian dan penjualan pertama Anda di Indodax!

Cara Membeli Digital Asset di Indodax

1. Mari mulai dengan login ke akun Anda di Indodax.
2. Jika Anda baru login, halaman awal yang terbuka adalah halaman Marketplace. Di halaman ini, Anda dapat melihat berbagai digital asset yang diperjualbelikan di Indodax. Ada yang bisa dibeli dengan Rupiah (IDR) dan ada yang bisa dengan Bitcoin (BTC).

Anda bisa memilih digital asset yang ingin Anda beli dengan klik langsung di salah satu market, atau dengan search nama digital asset yang diinginkan di box ‘Search’ di ujung kanan atas.

screenshot halaman marketplace di Indodax

3. Jika sudah klik market yang diinginkan (disini kami memakai contoh ETH/Ethereum), Anda akan dibawa ke halaman market digital asset tersebut. Akan terlihat grafik market, harga saat transaksi terakhir terjadi, volume trading, harga terendah, dan harga tertinggi selama 24 jam terakhir. 

screenshot eth market: grafik market

Di bawah grafik, Anda dapat menemukan menu untuk membeli dan menjual ETH. 

screenshot menu jual beli eth

Di bawah menu tersebut, ada order book yang berisi order-order jual dan beli yang belum tereksekusi (masih menunggu order dengan harga yang sesuai). 

Perhatikan bahwa harga yang diminta di market jual selalu lebih tinggi dibandingkan harga yang diminta di market beli.

4. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk membeli digital asset. Pertama Anda bisa membeli dengan harga pasar, sehingga transaksi yang dilakukan langsung tereksekusi. Tetapi jika Anda memakai cara ini, Anda akan menjadi market taker dan akan dikenakan biaya sebesar 0,3% dari jumlah transaksi. 

Untuk mengambil harga pasar, Anda cukup klik di harga teratas di daftar market jual (di bawah kotak order beli). 

Sementara cara kedua dapat dilakukan dengan memasukkan harga yang Anda inginkan (tentunya lebih murah dari harga pasar). Apabila Anda memakai cara ini, Anda adalah market maker sehingga tidak akan dikenakan biaya transaksi.

Setelah mengambil atau menentukan harga, langkah selanjutnya sama, yaitu menentukan berapa banyak (dalam persen atau rupiah) yang ingin Anda beli. 

screenshot step pertama beli eth

5. Setelah menentukan harga dan jumlah yang ingin dibeli, Anda dapat melihat estimasi ETH atau digital asset yang akan didapat. Lalu klik button ‘Lanjutkan’.

Di halaman berikutnya, Anda dapat mengecek kembali transaksi yang akan dilakukan: total rupiah, harga beli, biaya, dan estimasi jumlah digital asset yang akan didapatkan. Jika sudah yakin, klik button ‘Lanjutkan’.

screenshot halaman kedua beli ETH

6. Halaman terakhir ini akan menampilkan hasil pembelian Anda. Dalam contoh ini, karena tidak mengambil harga pasar (cara #2), maka order menjadi pending dan masuk ke order book market beli (tabel di sebelah kanan). Order akan tereksekusi saat harga market sesuai dengan harga yang kami ajukan.

Sementara jika Anda memilih cara pertama (mengambil harga pasar), order akan langsung tereksekusi, sehingga saldo rupiah Anda terpotong dan saldo Ethereum bertambah. 

screenshot langkah terakhir membeli ETH

Cara Menjual Digital Asset di Indodax

Langkah untuk menjual hampir sama dengan cara membeli, yaitu:

1. Pastikan Anda sudah login ke akun Indodax Anda.

2. Di list marketplace, klik market digital asset yang Anda ingin jual.

3. Di halaman market digital asset tersebut, scroll ke bawah hingga menemukan kotak jual digital asset. Di contoh ini kami menggunakan ETH.

screenshot menu jual ETH

4. Sama seperti saat membeli, ada dua cara untuk menentukan harga.

Cara pertama adalah mengambil harga pasar agar order langsung tereksekusi. Anda dapat melakukannya dengan klik harga teratas yang ada di tabel market beli (di bawah kotak jual digital asset). Anda akan berperan sebagai market taker, sehingga dikenakan biaya 0,3% dari jumlah transaksi.

Cara kedua adalah menentukan harga jual Anda sendiri (tentunya lebih tinggi dari harga market), yaitu dengan mengetikkan harga yang Anda inginkan di kotak harga. Jika melakukan ini, Anda akan berperan sebagai market maker, sehingga tidak akan dikenakan biaya.

Setelah mengambil atau menentukan harga, langkah selanjutnya sama, yaitu menentukan berapa banyak (dalam persen atau ETH) yang ingin Anda jual.

5. Setelah menentukan harga dan jumlah yang ingin dibeli, Anda dapat melihat estimasi rupiah yang akan didapat. Lalu klik button ‘Lanjutkan’.

Di halaman berikutnya, Anda dapat mengecek kembali transaksi yang akan dilakukan: total ETH, harga jual, biaya, dan estimasi jumlah rupiah yang akan didapatkan. Jika sudah yakin, klik button ‘Lanjutkan’.

screenshot halaman kedua tahap jual ETH

6. Halaman terakhir ini akan menampilkan hasil pembelian Anda. Dalam contoh ini, karena tidak mengambil harga pasar (cara #2), maka order menjadi pending dan masuk ke order book market jual (tabel di sebelah kiri). Order akan tereksekusi saat harga market sesuai dengan harga yang kami minta.

Sementara jika Anda memilih cara pertama (mengambil harga pasar), order akan langsung tereksekusi, sehingga saldo ETH Anda terpotong dan saldo rupiah bertambah.

screenshot langkah terakhir penjualan ETH

Bagaimana? Mudah kan? Jika masih bingung atau kurang jelas, silakan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah!

Selanjutnya kami akan membahas bagaimana cara menarik atau withdraw saldo dari Indodax.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *